Uncategorized

Makna Aqiqah

By Januari 14, 2019 No Comments

MAKNA AQIQAH

makna aqiqah Secara bahasa aqiqah berarti memutus. Sedangkan secara istilah Syara’ aqiqah berarti menyembelih kambing untuk anak pada hari ke tujuh dari hari kelahirannya.

Menghidupkan Sunnah Nabi saw. dengan Aqiqah

“Barang siapa yang menghidupkan sunnahku disaat terjadi kerusakan pada ummatku, maka baginya pahala seseorang yang mati syahid.”(Rasulullah SAW.)

Hadits ini menyadarkan kita akan pentingnya kembali pada kehidupan Islami, dan menghidupkan sunnah Nabi SAW. Terutama disaat umat mulai cenderung dan terpedaya dengan segala gaya hidup yang tidak berasal dari nilai-nilai Islam. Hal tersebut mengakibatkan umat Islam tidak lagi memiliki jati diri, dan kecintaannya kepada Nabi SAW sebagai suri teladan larut sedikit demi sedikit, berganti mengikuti gerak dan gaya masyarakat yang jahiliyah, termasuk dalam menyambut kehadiran anak yang sebenarnya merupakan amanah Allah SWT.

Tulisan ini sekedar mengingatkan akan sebuah sunnah yang dahulu akrab dengan kehidupan kaum muslimin sebagai ummat yang dirahmati dan diberkahi Allah SWT.

PENTINGNYA AQIQAH

Rasulullah saw. bersabda:
“Sesungguhnya anak itu diaqiqahi. Maka tumpahkanlah darah baginya dan jauhkanlah penyakit daripadanya (dengan mencukurnya).”
Aqiqah adalah tanda syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat anak yang diberikan-Nya. Juga sebagai washilah (sarana) memohon kepada Allah SWT. Agar menjaga dan memelihara sang bayi. Dari hadits di atas pula ulama menjelaskan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi para wali bayi yang mampu, bahkan tetap dianjurkan, sekalipun wali bayi dalam kondisi sulit.

untuk ayah bunda yang sedang mencari layanan aqiqah bisa kunjungi link ini : www.aisyahaqiqah.co.id

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply